Connect with us

KOMUNITAS

Guru Harus Menjadi Mediawan dan Tulisannya Harus Berpengaruh

|

Forum Guru Menulis (Gumeulis) mengadakan Sarasehan sekaligus buka bersama pada Hari Selasa, 20 Juni 2017 di Rumah Makan Ayam Bakar Dayeuh Jl. RE. Martadinata Kota Tasikmalaya. Hadir pada acara tersebut ketua Forum Caswita dan para pengurus Gumeulis seperti Yaya, Irvan, dan Budiman. Hadir pula para pembina Forum (Duddy RS, Asep M Tamam, dan Alung Rawawi). Peserta yang hadir sebanyak 20 orang.

Menurut Pembina Forum yang juga Pemimpin Redaksi Koran Kabar Priangan, yang biasa dipanggil Kang Duddy RS, saat ini sudah ada web yang bernama kabarsekolah.id. Web ini sengaja dibuat agar guru dapat menjadi mediawan dalam menyampaikan berbagai informasi yang berkaitan dengan kegiatan di sekolah, baik kegiatan guru maupun peserta didik. Dengan adanya web tersebut diharapkan guru aktif menulis plus mengkonter berita berita hoax.

Sementara itu pembina Forum lain, yang juga dosen IAIC Cipasung,Kang Asep M Tamam, menjelaskan bahwa kini dunia literasi guru di Tasikmalaya dan sekitarnya sangat menggeliat. Hadirnya forum gumeulis merupakan bukti nyata bahwa guru guru saat ini sudah melek literasi. Ia menggarisbawahi sudah saatnya tulisan para guru harus mampu mempengaruhi, mengubah ‘dunia’ dan tentu menggugah kesadaran masyarakat. Tulisan karya guru mempunyai efek positif pada kehidupan masyarakat. Oleh karena itu tulisan harus mencerahkan dan mampu mengubah perilaku hidup. Kang Asep mencontohkan betapa di Mesir tulisan yang dibuat oleh warga dapat mempengaruhi konstelasi sosial, pendidikan, hukum, dan politik. Tulisan benar benar menjadi salah satu senjata ampuh mengubah mindset dan perilaku masyarakat Mesir.

Acara diakhiri dengan buka bersama dalam suasana riang dan gembira.

Advertisement
Terimakasih telah berkunjung

Komentari