Sekolah Lapangan SMK Bakti Karya Parigi Wujud Kurikulum Merdeka

KOMUNITAS7 views

KABARSEKOLAH.COM | 13 Februari 2023, SMK Bakti Karya Parigi mengadakan Sekolah Lapangan (SL). SL SMK Bakti Karya Parigi dipandu oleh aktifis lingkungan yang akrab disapa Pak Dayat. SL SMK Bakti Karya Parigi merupakan wujud kolaborasi antara sekolah dan praktisi profesional.

Tujuan sekolah lapangan untuk memberikan pendidikan kapada siswa tentang pemahaman ekologi. “SL ini bentuk implementasi kurikulum merdeka SMK Bakti Karya Parigi. Di Bakti Karya, pembelajaran dibagi tigak kelompok, yaitu multimedia, humaniora dan ekologi. Ekologi ini lah yang memupuk kecintaan siswa terdahap semesta”, ungkap Kepala SMK Bakti Karya, Athif Roihan Natsir.

Sekolah lapangan kelas ekologi SMK Bakti Karya Parigi dipandu oleh Dayat dan guru kelas ekologi. Tahapan yang dilakukan oleh Dayat bersama guru pembimbing dibagi menjadi beberapa bagian. Pembagian dilakukan untuk memudahkan siswa dalam memahami alur penanaman tumbuhan.

Bagian pertama pada impelementasi sekolah lapangan kelas ekologi yaitu perencanaan. Pada bagian ini, jelas Dayat, siswa diajak berdiskusi dan melakukan penghayatan tentang pentingnya berpikir ekologis. Tahapan selanjutnya yaitu pembagian kelompok. Pada bagian ini, setiap kelompok diisi oleh tujus siswa.

Setiap kelompok selanjutnya diberi lahan berukuran 8×8 meter persegi. “Kami memberikan kebebasan kepada siswa-siswi untuk menanami lahan mereka. Hal ini bertujuan agas siswa dapat merawat, menganalisa dengan sungguh-sungguh tanaman mereka sendiri”, papar Dayat.

Dalam perawatannya, masih kata Dayat, SMK Bakti Karya Parigi konsisten mengunakan bahan organik. Pada bagian ini, guru terlibat sebagai pembelajar dan juga sebagai pendamping dalam pengawasan terhadap kinerja siswa dan kedisiplinan.

Fitri Suciawati, sebagai salah satu guru kelas ekologi berharap, Sekolah Lapangan ini dapat menjadi laboratorium siswa dalam penghayatan kehidupan. Sehingga, kita semua dapat menjadi manusia yang lestari dan melestarikan. “Hal ini tentu bagian dari wujud progam multikultural SMK Bakti Karya Parigi.” Pungkas Fitri.

_____________________
Pewarta: Samin Efendi

Komentar