SMK Bakti Karya Parigi Pamerkan Kain Shibori pada Inkubasi Wirausaha Jabar Masagi

SISWA7 views

KABARSEKOLAH.ID | Pada Tanggal 16 dan 17 Februari siswa SMK Bakti Karya Parigi masuk sebagai salah satu sekolah di Jawa Barat yang terpilih oleh Tim Jabar Masagi untuk mengikuti kegiatan Inkubasi Wirausaha di Hotel Savoy Homan di Bandung.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan Jabar Masagi melibatkan 72 sekolah SMK se-Jawa Barat dan SMK Bakti Karya Parigi terpilih sebagai salah satunya.

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh panitia dan sesi pendaftaran bagi peserta. Selanjutnya, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengikuti seminar dan workshop tentang wirausaha dan bisnis. Materi yang disampaikan meliputi fundamental digital marketing, bisnis plan, bisnis ekspor, dan lain sebagainya.

“Setiap materi disampaikan oleh para ahli, sehingga kami dapat memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang konsep bisnis yang dijelaskan. Selain itu, kami juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dengan peserta lain dalam kelompok, sehingga kami dapat memperoleh pengalaman dan pandangan yang berbeda-beda”, Jelas Anjar Prasetio sebagai pembimbing siswa SMK Bakti Karya Parigi dalam kegiatan ini.

SMK Bakti Karya Parigi melalui perwakilannya memamerkan kain ikat celup shibori yang mana shibori ini adalah kain ikat yang dibuat dengan pewarna alami seperti Kunyit, kulit Mahoni dan juga daun jati, semua bahan tersebut banyak di lingkungan SMK Bakti Karya Parigi. Kain shibori sendiri bukan produk asli Indonesia melainkan dari Jepang. Berkat tangan terampil Hanik dan siswa-siswi di SMK Bakti Karya Parigi, limbah kayu yang sudah tidak bisa dipakai, diubah jadi pewarna kain shibori.

Trian Nugraha sebagai peserta Inkubasi Wirausaha menjelasakan, “Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi saya dan peserta lainnya, karena kami dapat memperoleh pengetahuan baru tentang wirausaha dan bisnis. Selain itu, kami juga dapat belajar dari pengalaman dan pengetahuan para pembicara dan peserta lainnya”.

Tindak lanjut dari kegiatan ini tim dari Jabar Masagi akan berkunjung ke sekolah yang mengikuti kegiatan ini akan diberikan pendampingan.

“Kami senang Tim Jabar Masagi akan melakukan pendampingan ke lapangan sehingga hasil dari kegiatan ini dapat terukur kesuksesannya, dan kami juga berharap dukungan bagi sekolah kami yang sedang mengembangan produk kami” pungkas Anjar Prasetio dalam wawancara oleh tim Kabar Pangandaran.

___________________
Pewarta: Samin Efendi

 

 

Komentar