TULIP dan GUMEULIS Sukses Meluncurkan Dua Buku

KIPRAH2 views

Sabtu, 27 Agustus 2022, pukul 08.00-11.30 Wib, bertempat di Otjoeh Coffee Jl. Mangin Mangkubumi Kota Tasikmalaya, TULIP (Teras Untuk LIterasi Perempuan) dan Forum GUMEULIS (GUru MenULIS) Tasikmalaya sukses meluncurkan dua buku antologi yang bertemakan kemerdekaan, yaitu Buku Perempuan dalam Ruang Kemerdekaan dan Buku Merdeka Belajar Merdeka Mengajar.

Buku Perempuan dalam Ruang Kemerdekaan ditulis oleh 19 perempuan Kota dan Kabupaten Tasikmalaya yang tergabung dalam TULIP. Buku Merdeka Belajar Merdeka Mengajar ditulis oleh 30 guru Kota dan Kabupaten Tasikmalaya yang tergabung dalam Forum GUMEULIS.

Salah seorang penulis, Dede Rostiana, berfose dengan memegang buku yang baru dilaunching

Hadir pada acara launching Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya Asep Sopari Al Ayubi, Anggota Komisi 4 DPRD Kota Tasikmalaya H. Murjani, Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya H. Cecep Susilawan, Kabid GTK Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya H. Daris, dan undangan lainnya.

Prosesi launching kedua buku agak unik, seperti prosesi wisuda. Setiap penulis dipanggil ke panggung, lalu menerima buku dan sertifikat penulis, kemudian difoto bersama di panggung dan di area photobooth. Yang memberikan buku untuk buku TULIP yaitu Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya didampingi Direktur TULIP dan yang memberikan buku untuk buku GUMEULIS yaitu Anggota Komisi 4 DPRD Kota Tasikmalaya dan Kabid Pendidikan Dasar Disdik Kota Tasikmalaya didampingi Ketua Forum GUMEULIS. Di antara kedua prosesi launching, diselingi oleh sambutan atas nama penulis. Sambutan penulis TULIP oleh Ibu Epon dan sambutan penulis GUMEULIS oleh Ibu Eti Nurhayati.

Beberapa penulis sedang difoto bersama di area photobooth

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Anggota Komisi 4 DPRD Kota Tasikmalaya, dan Kabid Pembinaan Dasar Disdik Kota Tasikmalaya, sepakat mengapresiasi acara peluncuran dua buku ini. Mereka sangat kagum terhadap kiprah perempuan dan para guru di Tasikmalaya dalam mengisi kemerdekaan ini, salah satunya dengan menulis buku. Bahkan Pak Kabid Pembinaan Dasar Disdik Kota Tasikmalaya berkeinginan untuk bergabung dalam Forum Guru Menulis karena beliau biasa menulis dan berharap GUMEULIS dapat memfasilitasi keinginan itu melalui dimasukkan ke dalam grup atau anggota Forum Guru Menulis. Sementara Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya dan Anggota Komisi 4 DPRD Kota Tasikmalaya menyilakan para pegiat literasi yang ada di Tasikmalaya untuk beraudiensi dengan DPRD terkait masalah literasi. DPRD dengan senang hati ingin membantu para pegiat literasi dalam menyukseskan program-programnya.

Direktur TULIP, Hotum Hotimah, menyatakan bahwa launching kali ini merupakan buku antologi ketiga karya perempuan yang tergabung dalam TULIP. Sama dengan pernyataan Direktur TULIP, menurut Ketua Forum Gumeulis, Caswita, buku yang diluncurkan merupakan buku antologi ketiga karya para guru yang tergabung dalam Forum Gumeulis.

Pembina TULIP dan Forum GUMEULIS, Asep M Tamam, menyampaikan terima kasih kepada 19 penulis TULIP dan 30 penulis GUMEULIS yang telah berpartisipasi dalam menulis buku. Beliau berharap ke depannya, setiap tiga atau empat orang dapat menulis satu buku, bahkan satu guru satu buku. Pak Asep juga memberitahukan ketika memberikan sambutan bahwa selanjutnya pada Bulan Oktober 2022 yang bertepatan dengan Hari Santri Nasional, insyaallah akan diluncurkan dua buku karya para santri Kota dan Kabupaten Tasikmalaya.

Acara diakhiri dengan foto bersama di panggung dan ramah tamah berupa makan bersama serta foto-foto di area spot foto yang indah di Otjoeh Coffee.

Komentar