Lomba Kreatif Pramuka SMK Negeri 1 Panjalu : Semangat Kemerdekaan Terus Menyala

KOLOM66 views

Meskipun Hari Kemerdekaan telah berlalu, semangatnya masih terasa dan suasana tetap terjaga.

Dalam rangka memeriahkan kembali hari Pramuka dan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Pramuka SMK Negeri 1 Panjalu Kabupaten Ciamis, mengadakan berbagai perlombaan yang unik dan kreatif.

Perlombaan ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 24 Agustus 2024 bertepatan dengan kegiatan rutin mingguan kepramukaan di Pangkalan SMK Negeri 1 Panjalu Kabupaten Ciamis.

Selain memeriahkan hari pramuka dan hari kemerdekaan, Perlombaan ini bertujuan untuk melatih kekompakan, kemampuan berkomunikasi dan kecermatan para anggota pramuka.

Peserta terdiri dari kelas 10 dari semua jurusan  dan kepanitian terdiri dari seluruh anggota pramuka kelas 11 dan 12 yang sudah memiliki balok Bantara dan Laksana yang tergabung dalam Ambalan Borosngora dan Permana Dewi pangkalan SMK Negeri 1 Panjalu.

Mata lomba yang dipertandingkan terdiri dari estafet karet, balap karung, koin jeruk dan paku botol.

Seluruh mata lomba yang dipertandingkan ini membutuhkan kekompakan dan kerjasama tim yang baik.

Dalam lomba paku botol misalnya, peserta terdiri dari tiga orang harus bisa memasukan paku kedalam botol yang telah diikat oleh benang kasur yang membentang dan dikaitkan ke bagian belakang seragam peserta.

Peserta yang telah berhasil memasukan paku kedalam botol dengan cepat dan tepat dinyatakan sebagai pemenang. Begitupun dengan perlombaan yang lainya.

Kegiatan perlombaan ini berjalan dengan lancar dan peserta maupun panitia nampak sangat menikmati kegiatan tersebut.

Rizal Nazarudin, Pradana Pramuka Ambalan Borosngora SMK Negeri 1 Panjalu mengaku sangat bangga bisa ikut mensukseskan kegiatan ini.

Rizal juga berharap Pramuka di SMK Negeri 1 Panjalu Lebih aktif dan lebih kompak lagi untuk kedepannya.

Ecin Kuraesin, S.Pd Selaku koordinator Pembina Kepramukaan SMK Negeri 1 Panjalu menambahkan bahwa “Kegiatan lomba-lomba yang dilaksanakan itu bukanlah hanya  sekedar lomba biasa.  Karena banyak harapan yang menjadi tujuan. Karena dengan perlombaan tersebut anak-anak diharapkan bisa bermain sportif,  bisa bekerjasama dengan rekan sekelompoknya dengan baik,  dan juga diharapkan  dapat lebih bisa mengendalikan nafsu kala kenyataan tak sesuai harapan”. Pungkasnya.

Kegiatan pun diakhiri dengan sesi pembagian hadiah bagi yang menjuarai perlombaan dan foto bersama.

Komentar