Pramuka Mendidik Siswa Bersahaja

KOLOM3 views

Oleh : Aceng Sukirman, S.Pd., S.Pd.I

Guru SDN Sukamulya Kota Tasikmalaya

 

Pendidikan kepramukaan yang diterapkan di sekolah-sekolah ternyata banyak sekali manfaatnya terutama bagi para peserta didik. Pendidikan pramuka menjadi extrakurikuler di setiap jenjang atau lembaga pendidikan mulai dari tingkat dasar, menengah, sampai dengan lanjutan tingkat atas yaitu sekola menengah atas (SMA).

Pendidikan pramuka dilaksanakan di luar pembelajaran akademik. Pada umumnya dilaksanakan setelah selesai pembelajaran yang pokok sehingga tidak mengganggu jam belajar mengajar. Gerakan pramuka diresmikan melalui keputusan Presiden no 238 yang kemudian diperbaharui melalui undang-undang no 12 tahun 2010 dan saat ini pramuka menjadi salah satu kegiatan wajib di semua jenjang pendidikan. Baik Guru (Kakak Pembina) maupun Siswa dituntut untuk memahami dan mengetahui manfaat dari mengikuti pendidikan pramuka. Banyak sekali manfaat dari belajar pramuka diantaranya adalah:

Pertama, Melatih kedisiplinan. Exstrakurikuler pramuka dikenal melalui jadwal dan tata tertib yang ketat dan setiap peraturan yang diberikan harus dipatuhi semua peserta tanpa terkecuali. Jika melanggar harus siap untuk dihukum. Hal ini tentu membuat siswa menjadi disiplin terutama saat datang mengikuti upacara, mengumpulkan tugas-tugas dan istirahat sesuai waktu yang telah ditentukan. Jika sudah terbiasa disiplin maka akan menjadi kebiasaan yang akan berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua, mengajarkan hidup mandiri. Mengikuti kegiatan pramuka akan mengajarkan untuk hidup mandiri. Hal ini dikarenakan kegiatan pramuka mayoritas diadakan di lokasi yang jauh dari rumah seperti saat berkemah. Kegiatan tersebut akan melatih siswa untuk hidup mandiri. Ketika ikut berkemah juga harus tinggal bersama anggota pramuka lainnya mengurus kebutuhan sendiri secara mandiri dan bergotong royong.

Ketiga, belajar menjadi pemimpin. Ada banyak manfaat yang akan dirasakan saat mengikuti kegiatan pramuka satu diantaranya memiliki kesempatan yang besar untuk mengasah jiwa kepemimpinan. Hal ini tentu akan membuat siswa menjadi sosok pemimpin yang baik dimanapun berada saat dewasa nanti.

Komentar