Media Kantong Bilangan dalam Pembelajaran Matematika di Kelas Bawah

KOLOM10 views

Oleh : Enung Cahyati,S.Pd.

SDN 1 Cieunteung

Matematika seringkali dianggap pembelajaran yang sulit sehingga peserta didik kurang bersemangat dalam pembelajaran. Tak hanya itu bahkan banyak peserta didik yang menghindari pembelajaran matematika. Lebih miris lagi ketika pembelajaran dilakukan secara daring. Disinyalir dari beberapa pernyataan orang tua banyak yang tugas-tugas siswa justru dikerjakan oleh orang tuanya. Berbeda dengan pelajaran yang peserta sukai atau gemari, mereka dengan semangat mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru.

Maka dari itulah guru harus mampu memotivasi peserta didik agar memiliki semangat dan kesadaran untuk belajar matematika dengan sungguh-sungguh. Dalam memotivasi peserta didik, seorang guru harus berinovasi dalam membuat media atau alat peraga pembelajaran yang menarik. Dalam pembelajaran matematika materi mengenal nilai tempat di kelas bawah, guru bisa membuat alat peraga kantong bilangan karena merupakan media konkret yang digunakan untuk menampilkan dan menyampaikan konsep dari nilai tempat suatu bilangan di kelas bawah. Melalui media kantong bilangan peserta didik akan lebih aktif dengan didukung model pembelajaran yang tepat.

Kantong bilangan adalah media yang dibuat dengan bahan stereofoam  dan kertas karton. Proses pembuatannya kertas karton dibuat menjadi 3 bentuk kantong berbeda warna, setiap warna mempunyai nilai tempat satuan, puluhan dan ratusan. Setelah 3 kantong terbentuk, tempelkan ke stereofoam. Selanjutnya, buatlah stick bilangan dari sisa membuat bentuk kantong. Tempelkan aqua gelas bekas untuk menaruh stick bilangan. Media kantong bilangan sesuai dengan pembelajaran matematika materi mengenal nilai tempat di kelas bawah.

Pembelajaran matematika dengan menggunakan kantong bilangan akan menstimulan peserta didik untuk menyukai pembelajaran matematika. Maka dari itu gurupun harus kreatif mengemas materi pembelajaran.

Komentar